Badrodin Segera Pensiun, Ini Penilaian PKB soal Komjen BG

Badrodin Segera Pensiun, Ini Penilaian PKB soal Komjen BG
Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - PALANGKA RAYA - Teka-teki tentang sosok yang akan menjadi Kepala Kepolisian RI pengganti Jenderal Badrodin Haiti masih menjadi pertanyaan banyak kalangan. Meski Badrodin tak lama lagi akan pensiun, namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menunjukkan isyarat tentang calon Kapolri yang akan diusulkan ke DPR.

Sejauh ini memang ada beberapa komisaris jenderal (komjen) di Polri. Antara lain Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno, Kepala Lemdikpol Komjen Syafruddin.

Namun, anggota Komisi III DPR Abdul Kadir Karding yang menjadi mitra kerja Polri mengaku belum punya gambaran jelas tentang sosok Kapolri yang akan datang. Sebab, keputusannya ada di tangan Presiden Jokowi.

"Sulit berandai-andai karena politik itu dinamis. Tapi, siapa pun yang diajukan presiden, kami di DPR akan melakukan fit and proper test," kata Karding di sela-sela Outbond 4 Pilar di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (28/5).

Lantas, bagaimana dengan figur Budi Gunawan? Karding memiliki penilaian sendiri.

Sekretaris Jenderal PKB itu menilai BG -sapaan Budi- merupakan sosok yang bagus, pintar dan baik. "Budi Gunawan punya kualitas kepemimpinan yang baik," ujarnya.

Karding menambahkan, BG juga memiliki kemampuan membangun kerja sama tim yang baik.  "Cuma kami tidak tahu siapa yang akan didorong Presiden Jokowi," katanya.

Karding belum tak mau berspekulasi tentang calon Kapolri pilihan Jokowi. “"Kita lihat saja. Tapi semua bintang tiga relatif memiliki kapasitas yang memadai untuk memimpin Polri," katanya.(boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News