Inikah Cara Mengalahkan Ahok?

Inikah Cara Mengalahkan Ahok?
Basuki Tjahaja Purnama. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengungkap, ada sejumlah cara yang harus dilakukan para penantang calon gubernur petahana, Basuki Tjahaja Purnama dalam Pilkada DKI 2017 mendatang.

Menurutnya, Ahok baru bisa dikalahkan apabila tidak lagi dipercaya oleh masyarakat. "Penantang Ahok harus menggeser kepercayaan publik yang begitu kuat kepada Ahok," kata Karyono, seperti diberitakan RMOLJakarta, Sabtu (28/5).

Caranya, lanjut dia, dengan mengungkap ke publik bahwa Ahok juga punya catatan buruk. Cara selanjutnya, masih kata Karyono, penantang Ahok harus bisa meyakinkan publik bahwa mereka lebih baik, atau minimal sama dengan Ahok.

"Menggerakkan seluruh kekuatan, baik itu mesin politik partai, relawan, dan tokoh-tokoh masyarakat," katanya.

Berikutnya, kandidat penantang harus mengelola isu yang efektif dalam menurunkan kepercayaan publik kepada Ahok. "Di sisi lain, penantang Ahok harus meng-upgrading, menaikkan popularitas, menggalang dukungan yang lebih masif di berbagai elemen masyarakat," ujarnya. (sam/rmol/jpnn)


JAKARTA - Peneliti dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengungkap, ada sejumlah cara yang harus dilakukan para penantang calon


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News