PDIP: Jokowi Perlu Evaluasi Kinerja Dua Menteri Ini

PDIP: Jokowi Perlu Evaluasi Kinerja Dua Menteri Ini
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Syukur Nababan menyayangkan belum maksimalnya kinerja dua pembantu Presiden Joko Widodo. Mereka adalah Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Keduanya dinilai tidak maksimal mengantisipasi terjadinya lonjakan harga bahan pokok jelang bukan Ramadan.

“Kinerja Mendag dan Mentan masih lemah dalam menjaga stabilitas harga pangan jelang bulan puasa dan hari raya idul Fitri 2016. Harga sejumlah bahan pangan melonjak tinggi," kata Syukur kepada wartawan di Jakarta, Minggu (29/5).

Menurutnya, kenaikan harga pangan seperti bawang merah dan lainnya terus terjadi setiap tahun. Seharusnya, dua kementerian tersebut bisa memprediksi dan menyiapkan langkah antisipasi.

Karena itulah, dia menyayangkan bila dalam momen puasa dan lebaran tahun ini, kenaikan harga sembako kembali terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau tiap tahun naik dan tidak bisa dikendalikan pemerintah, di mana negara hadir. Semua harus diperhitungkan, dicarikan solusi. Kejadian ini bukan force major, tapi kejadian berulang yang seharusnya bisa diantisipasi," ujarnya.

Soal adanya perbedaan persepsi anyar menteri dalam menempuh kebijakan impor bahan pangan seperti bawang merah, Syukur menyayangkan hal itu. Sebab, para pembantu presiden seharusnya bekerja dengan baik sesuai Nawa Cita Presiden. Bukan saling menyalahkan.

“Yang paling penting saling koordinasi. Jangan sampai mentan pikirannya apa, mendag berpikir apa. Saling salah menyalahkan. Jangan buat rakyat makin susah dan menjerit menghadapi puasa dan lebaran,” pungkasnya.(fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News