PNS Yang Mau Aman Wajib Baca Ini

PNS Yang Mau Aman Wajib Baca Ini
PNS. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pemerintah berupaya meningkatkan kompetensi PNS. Salah satunya mengarahkan aparatur sipil negara (ASN) kepada jabatan fungsional tertentu (JFT).

Saat ini, porsi terbesar PNS ada di jabatan fungsional umum (JFU) sehingga sulit menerapkan sistem merit.‎

"Kalau BKN berpendapat sebisa mungkin tidak terjadi rasionalisasi. Namun bila terpaksa dilakukan rasionalisasi PNS yang menempati JFU, maka rekrutmen PNS baru diarahkan ke JFT sehingga jumlah lebih banyak," tutur Bima Haria, Senin (30/5).

‎Dia menambahkan, akan lebih mudah jika setiap instansi memiliki lebih banyak jabatan fungsional tertentu yang sudah jelas spesifikasi pekerjaannya. Dengan demikian, proses pengembangan dan kompetensinya bisa diidentiifkasi dan terukur.

"Sistem yang demikian bisa diterapkan pada sistem merit," ujarnya.

Ke depan, lanjut Bima Haria, jabatan JFT akan diperbanyak. Itu sebabnya diperlukan pengelolaan database JFT yang menyediakan data profil individu yang jelas tentang masing-masing JFT. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pemerintah berupaya meningkatkan kompetensi PNS. Salah satunya mengarahkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News