GP Ansor Gelar Konbes dan Apel Kesetiaan Pancasila

GP Ansor Gelar Konbes dan Apel Kesetiaan Pancasila
Yaqut Cholil Qaumas. Foto: yaqut-cholil.com

jpnn.com - JAKARTA – Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor akan menggelar kegiatan besar. Mereka akan menyelenggarakan Konferensi Besar (Konbes) XX yang bertempat di Pondok Pesantren Miftahul Muta’alimin Babakan Ciwaringin Cirebon 1-3 Juni mendatang. 

Konbes XX akan diikuti oleh Pimpinan Pusat GP Ansor dan Pimpinan Wilayah Ansor se-Indonesia. Dalam ajang itu, Konbes akan membahas dan mengesahkan beberapa Peraturan Organisasi sebagai langkah untuk memperkuat kelembagaan organisasi dan beberapa rekomendasi sebagai respons terhadap berbagai isu dan persoalan dalam kehidupan kebangsaan dan kemasyarakatan mutakhir.

Kegiatan Konbes ini dirangkai dengan Apel Kesetiaan Pancasila dan Ansor Bersholawat. 

Apel Kesetiaan Pancasila digelar pada Rabu 1 Juni, jam 15.00-17.00 di alun-alun Palimanan Cirebon. Nah, sedangkan Ansor Bersholawat dan Pembukaan Konbes akan dilaksanakan pada hari yang sama, malam hari di halaman Pondok Pesantren Miftahul Muta’alimin Babakan Ciwaringin Cirebon. 

Persidangan Konbes akan berlangsung sampai Jumat 3 Juni dan diakhiri dengan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati.

“Apel Kesetiaaan Pancasila akan melibatkan 3.000 pasukan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) dari semua kesatuan dan unit dan diikuti juga oleh unsur TNI dan Polri serta delegasi dari berbagai elemen organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qomas. Dalam apel ini juga akan dilakukan penandatanganan Ikrar Kesetiaan Pancasila oleh semua elemen pemuda,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas, Senin (30/5).

Apel yang diselenggarakan di Cirebon ini, lanjut dia, merupakan representasi dari Apel Kesetiaan Pancasila yang digelar oleh GP Ansor di seluruh Indonesia.

“Pimpinan Pusat GP Ansor telah menginstruksikan kepada semua Pimpinan Cabang GP Ansor di seluruh Indonesia untuk menggelar Apel Kesetiaan Pancasila pada 1 Juni 2016. Jadi, selain di Cirebon yang dilaksanakan oleh Pimpinan Pusat dan Satkornas Banser, juga digelar apel yang sama di seluruh daerah mulai dari Sabang sampai Merauke yang dilaksanakan oleh GP Ansor dan Banser secara serentak pada tanggal 1 Juni 2016,” tambah Yaqut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News