TNI Bakal Punya Sukhoi Canggih, Mampu Serang Balik Saat Dikejar

TNI Bakal Punya Sukhoi Canggih, Mampu Serang Balik Saat Dikejar
Sukhoi Su-35. Foto: Johannes Eisele/AFP

jpnn.com - JAKARTA – Rencana pemerintah RI membeli jet temput Sukhoi Su-35 dibenarkan Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurutnya, jika Rusia bersedia menjual pesawat berteknologi canggih itu, Indonesia dengan senang hati akan membelinya. 

”Kalau itu jadi dilepas sama Rusia, Indonesia adalah negara pertama di luar Rusia yang punya Sukhoi 35,” ujarnya saat menghadiri Diklat Kepala Daerah di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, di Kalibata, Jakarta, belum lama ini. 

Pesawat tersebut, dijelaskan Luhut, memiliki teknologi paling canggih di kelasnya. Jet tempur itu  sanggup menjalani manuver dog fight di udara. 

Strategi tempur dimana pesawat bisa berbalik 360 derajat untuk membalas serangan pesawat yang mengejarnya. 

Meskipun memastikan akan membeli alutsista tersebut, Luhut tak menjelaskan detail waktu pembeliannya. Menurutnya hal itu tergantung dengan proses administrasi antara Indonesia dan Rusia.

”Namanya begitu kan, adminstrasi dan teknisnya banyak dan panjang banget,” tandas Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini. (and/sam/jpnn)


JAKARTA – Rencana pemerintah RI membeli jet temput Sukhoi Su-35 dibenarkan Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News