Gandeng Sevel, LLP-KUKM Gelar Pelatihan Untuk Mitra Binaan

Gandeng Sevel, LLP-KUKM Gelar Pelatihan Untuk Mitra Binaan
Peserta pelatihan pose bareng di sela acara. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM terus menggenjot mitra KUKM, khususnya yang bergerak di produk makanan dan minuman kemasan agar memiliki pasar yang luas di ritel modern.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah memberikan pelatihan kapabilitas kepada mitra UKM dengan menggandeng PT. Modern Sevel Indonesia atau 7Eleven (Sevel) Indonesia.

“LLP-KUKM mendukung berbagai upaya yang dilakukan stakeholder, dalam hal ini Sevel Indonesia untuk mengembangkan kapabilitas KUKM,” ujar Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi di sela-sela pelatihan KUKM di Galeri Indonesia Wow (GIW), SME Tower, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (31/5).

Pelatihan digelar selama dua hari, mulai 30-31 Mei. Dalam pelatihan ini melibatkan audiens dari 60 brand dengan total produk yang difasilitasi masuk Sevel sekitar 300 produk makanan dan minuman kemasan.

Di hari pertama, agenda pelatihan membahas sistem alur produksi, ketahanan pangan dan standarisasi SNI. Sedang hari kedua adalah sosialisasi sertifikasi halal dan BPOM termasuk untuk izin edar produk dengan PIRT.

“Pelatihan mengenai sertifikasi produk sangat dibutuhkan KUKM, sehingga produk mereka pada akhirnya memiliki sertifikasi yang akan memberikan kenyamanan kepada konsumen akan produk yang dikonsumsi," sambungnya.

Zabadi menambahkan, sertifikasi tersebut dibutuhkan UKM sebagai salah satu persyaratan bagi perluasan akses pasar, khususnya KUKM kategori makanan dan minuman kemasan.

"Ke depannya, kami berharap semua UKM mitra akan memiliki sertifikasi yang sesuai dengan standar makanan dan minuman nasional maupun standar internasional," ujar Zabadi. (adk/jpnn)


JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM terus menggenjot mitra KUKM, khususnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News