Besok, Putri Proklamator Bakal Menyampaikan Amanat di Tugu Proklamasi

Besok, Putri Proklamator Bakal Menyampaikan Amanat di Tugu Proklamasi
Megawati Soekarnoputri. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Rabu (1/6).

Mulai dari upacara bendera di halaman kantor Kemendagri dan malam harinya "Indonesia Bersyukur" yang digelar bersama Aliansi Organisasi Kemasyarakatan yang dikoordinir Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf di Tugu Proklamasi. 

"Melalui kegiatan-kegiatan yang ada, diharapkan dapat mengingatkan kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari bangsa Indoneia di berbagai aspek kehidupan," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Dodi Diyadmadji, Selasa (31/5).

Menurut Dodi, acara bertajuk "Indonesia Bersyukur" akan diisi dengan pembacaan komunike bersama, pernyataan sikap masyarakat budaya, ucapan syukur aliansi ormas, sosial, keagamaan dan pemberian penghargaan pada Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri serta Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Putri Proklamator Kemerdekaan Ibu Megawati juga akan menyampaikan amanatnya," ujar Dodi.

Kegiatan selanjutnya, dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan menghadirkan delapan dalang, 17 pesinden dan 45 orang pengrawit. "Kemudian pada 4 Juni akan kembali digelar pagelaran wayang golek d halaman IPDN Jatinangor, Jawa Barat," ujanya.

Menurut Dodi, kelahiran Pancasila tidak terlepas dari jasa Presiden pertama Soekarno. Sang proklamator yang akrab disapa Bung Karno tersebut, untuk pertama kalinya mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI. (gir/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Rabu (1/6). Mulai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News