Letda Poltak Siahaan, Jago Tembak Langganan Juara di Kancah Internasional

Letda Poltak Siahaan, Jago Tembak Langganan Juara di Kancah Internasional
Letda Poltak Siahaan menunjukkan mendalinya usai mengikuti upacara kedatangan kontingen regu tembak TNI AD saat tiba di Jakarta, Senin (23/05/2016). Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com - TNI menyabet gelar juara lomba menembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2016. Letda Poltak Siahaan merupakan sosok yang punya peran besar atas kemenangan itu.

Ayah dua anak itu juga sudah empat kali meraih gelar individual championship. Dialah tentara Indonesia pertama yang meraih gelar bergengsi itu.

KHAFIDLUL ULUM, Jakarta

Ketika menjadi yang terdepan dalam Panglima TNI Cup 10K pada 1997, Poltak Siahaan menyadari bahwa dirinya cukup unggul dalam berlari. Meski bukan hobi, berlari memang menjadi menu latihan wajib pria kelahiran Medan tersebut, yang ketika itu bertugas di Denma Divisi I Kostrad Cilodong.

Namun, menjadi pelari andal tidak membuatnya puas. Putra pasangan Hisar Siahaan dan Pintaria Siburian itu juga ingin terus mengasah kemahiran menembak. 

”Semua prajurit Kostrad dilatih menembak,”  kata Poltak. Dia melihat terbukanya peluang besar untuk menjadi petembak hebat.

Pada 2001, Poltak pun serius belajar membidikkan peluru. Di bawah bimbingan para seniornya, dia rutin berlatih. Namun, walaupun sudah serius berlatih, dia belum terpilih untuk mengikuti perlombaan. 

Baru pada 2004 kesempatan itu datang. TNI menggelar lomba Piala Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Dia lolos seleksi dan ikut bersaing dengan peserta lain.

TNI menyabet gelar juara lomba menembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2016. Letda Poltak Siahaan merupakan sosok yang punya peran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News