Miliki Banyak Anak, Wanita Menua Lebih Lambat

Miliki Banyak Anak, Wanita Menua Lebih Lambat
Ilustrasi

jpnn.com - KABAR baik untuk Anda yang memiliki banyak anak. Penelitian baru menunjukkan, semakin banyak anak yang dimiliki wanita maka semakin lambat mereka mungkin menua.

Melihat kromosom, para ilmuwan menemukan wanita yang memiliki banyak anak ternyata memiliki telomeres lebih lama, yang membantu memperlambat proses penuaan.

Telomeres adalah topi DNA pada akhir setiap kromosom. Telomer melindungi kromosom dan genetik kritis dari kerusakan.

Memiliki cukup telomere panjang penting untuk sel-sel agar bisa berkembang biak. Menurut US National Cancer Institute, seiring bertambahnya usia, telomere memendek dan akhirnya menyebabkan kematian sel.

Studi baru yang dilakukan oleh Simon Fraser dari University di British Columbia, Kanada, meneliti sebanyak 75 perempuan dari dua komunitas pedesaan di Guatemala. Panjang telomer mereka diukur melalui pipi dan air liur yang diambil dua kali secara terpisah.

Hasilnya, wanita yang memiliki banyak anak dikaitkan dengan kecepatan yang lebih lambat dari pemendekan telomere dan meningkatkan umur panjang.

Temuan ini bertolak belakang dengan penelitian sebelumnya, yang menyimpulkan bahwa memiliki lebih banyak anak mempercepat laju penuaan.

"Laju pemendekan telomere ditemukan di peserta penelitian yang memiliki anak lebih banyak. Ini mungkin dikaitkan dengan peningkatan dramatis dalam estrogen, hormon yang diproduksi selama kehamilan," kata pemimpin studi Pablo Nepomnaschy, seperti dilansir laman Health, Selasa (31/5).

KABAR baik untuk Anda yang memiliki banyak anak. Penelitian baru menunjukkan, semakin banyak anak yang dimiliki wanita maka semakin lambat mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News