Hotel Ambassador Diserang, 10 Tewas, 40 Terluka

Hotel Ambassador Diserang, 10 Tewas, 40 Terluka
Sebuah mobil tampak terbakar, usai serangan mematikan terjadi di Ambassador Hotel, Mogadishu. Gambar diambil pada 1 Juni 2016. Foto: AFP

jpnn.com - SETIDAKNYA sepuluh orang tewas, termasuk dua anggota parlemen menyusul ledakan bom mobil dan serangan senjata di Ambassador, hotel top di Mogadishu, Somalia, Rabu (1/6).

AFP melansir, selain sepuluh korban tewas, 40 lainnya terluka.

Aparat keamanan setempat mengatakan, kelompok radikal Shabaab Alqaeda telah mengklaim mereka menjadi dalang aksi ini. Serangan ini terjadi hanya lima jam setelah kontak senjata antara pasukan keamanan Somalia dengan pejuang Shabaab. 

"Aksi ini dimulai dengan ledakan (dari bom mobil) dan serangan menyerbu gedung (hotel)," bunyi pernyataan kelompok Shabaab.

Menurut pejabat setempat, serangan ini merupakan balas dendam Shabaab, setelah seorang komandan tinggi mereka, Mohamed Mohamud, tewas dalam operasi militer. 

Mohamud, atau lebih dikenal dengan panggilan Dulyadeyn, diduga menjadi otak serangan di Garissa University College di Kenya, pada April 2015, yang menewaskan 148 orang.(adk/jpnn)


SETIDAKNYA sepuluh orang tewas, termasuk dua anggota parlemen menyusul ledakan bom mobil dan serangan senjata di Ambassador, hotel top di Mogadishu,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News