Setelah 10 Tahun, NTT Punya Sembilan Pelabuhan Ini

Setelah 10 Tahun, NTT Punya Sembilan Pelabuhan Ini
Ilustrasi

jpnn.com - NTT - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Perhubungan Sugihardjo meresmikan sembilan pelabuhan yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Ke-9 pelabuhan itu diresmikan di pelabuhan Marapokot, NTT, Selasa (31/5) lalu.

Pelabuhan Marapokot merupakan salah satu dari sembilan pelabuhan yang diresmikan. Sementara delapan pelabuhan lainnya yang juga diresmikan yaitu, Pelabuhan Lamakera, Pelabuhan Waiwerang, Pelabuhan Komodo, Pelabuhan Terong, Pelabuhan Wuring, Pelabuhan Palue, Pelabuhan Naikliu, dan Pelabuhan Kolbano.

Dengan dibangunnya sembilan pelabuhan ini diharapkan bisa meningkatkan konektivitas, mobilitas masyarakat, dan kelancaran distribusi logistik, yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah NTT dan sekitarnya.

"Pembangunan 9 pelabuhan ini, untuk meningkatkan konektivitas pelayaran antar wilayah di NTT, agar disparitas harga barang dan kebutuhan pokok bisa ditekan," ujar Sugihardjo dalam siaran persnya, Kamis (2/6).

Sugihardjo juga mengingatkan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) pelabuhan di NTT agar tetap mengutamakan standar keselamatan pelayaran.

Pelabuhan ini memiliki dermaga sepanjang 157 meter, trestle sebanyak dua unit dengan panjang masing-masing 77 meter, terminal penumpang, kantor, gudang dan pos jaga. Pelabuhan ini nantinya bisa disandari kapal berukuran hingga  3000 DWT.

"Pelabuhan Marapokot ini dibangun sejak 2005 hingga 2015, dengan total anggaran sekitar Rp 43 miliar," tutur Sugihardjo. (chi/jpnn)

 


NTT - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Perhubungan Sugihardjo meresmikan sembilan pelabuhan yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Ke-9


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News