Jadi Ini Kawanan yang Merusak Terumbu Karang

Jadi Ini Kawanan yang Merusak Terumbu Karang
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - MADURA--Dirpolairud Polda Jatim membekuk komplotan penambang terumbu karang di Perairan Kangean Kabupaten Sapeken Madura. Mereka adalah  Sr , Sd , Jn , Sf , Br, Rj dan Bt . Tujuh orang itu adalah warga Kangean. Tersangka terpaksa berurusan dengan Dirpolair Polda Jatim karena melakukan perusakan terumbu karang.

“Modusnya, tersangka menggunakan kompresor pada kedalaman kurang lebih 15 meter untuk mencari coral,” ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Argo Juwono.

Penambangan terumbu karang ini dilakukan karena bernilai ekonomis tinggi. Harganya mencapai Rp 5 ribu per biji. Biasanya terumbu karang ini digunakan untuk hiasan di aquarium. Perusakan terumbu karang ini sangat mengancam ekosistem di laut.

Selain itu, Dirpolair juga menggagalkan penyelundupan 90 ekor burung beo asal Kalimantan. Penyelundupan dikirim dengan menggunakan KM Mutiara Sentosa dari Samarinda Kalimantan Timur ke Surabaya. Meski tidak tergolong dilindungi tapi karena tak dilengkapi dengan izin dokumen resmi dari Balai Karantina Hewan, pembawanya terpaksa diamankan polisi.

Burung ini kemudian diserahkan kepada Balai Karantina Hewan di Tanjung Perak untuk proses hukum selanjutnya.(end/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News