Ungkapan Bung Karno Menginspirasi Forum Jong Indonesia

Ungkapan Bung Karno Menginspirasi Forum Jong Indonesia
Sejumlah aktivis mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Forum Jong Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Pra Kongres Pemuda III Tahun 2016 dan Seminar Kebangsaan di PP PON Wisma Kemenpora, Cibubur Jakarta Timur, Rabu (1/6). FOTO: DOK.Forum Jong Indonesia for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Sejumlah aktivis mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Forum Jong Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Pra Kongres Pemuda III Tahun 2016 dan Seminar Kebangsaan di PP PON Wisma Kemenpora, Cibubur Jakarta Timur, Rabu (1/6).

Rakor yang digelar bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila 1 Juni dibuka oleh Staf Ahli Bidang Politik, Yuni Poerwanti mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Seminar ini mengangkat tema “Menjawab Tantangan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”  dengan menampilkan narasumber yakni Emanuel Bria (Penulis/Penggiat Sosial), Nia Sjarifudin (ANBTI), Andi Sinulingga (Aktivis Pemuda) dan Handoko F.Z (Budayawan).

Dalam acara ini, digelorakan kembali ungkapan Bung Karno, Presiden Pertama RI yakni “Berikan aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia".

Ungkapan Bung Karno itu menjadi refleksi atas perjalanan sejarah bangsa Indonesia yang diukir oleh pemuda Indonesia hingga saat ini. Betapa tidak sejarah Indonesia menunjukkan bahwa pemuda selalu menjadi garda terdepan dalam perubahan di negeri ini.

“Inilah semangat obor perjuangan pemuda dari berbagai daerah yang dilakukan oleh Forum Jong Indonesia dalam rangka Rapat Koordinasi Pra Kongres Pemuda III Tahun 2016,” ujar Anggota Badan Pekerja Kongres Pemuda III, Rachel Cicilia Tuerah, Kamis (2/6).

Rachel Tuerah menjelaskan untuk mendukung Kongres Pemuda III, Forum Jong Indonesia membuat NSP (nada sambung pribadi) yang dimaksudkan untuk mengalang dana dan donatur. Caranya adalah mengaktifkan NSP sebagai bagian dari kerja sama dengan Telkomsel, XL dan Indosat.

Selain itu, membuat website (www.kongrespemuda.id) sebagai sarana berita dan informasi. Penjualan Kain Tenun "Forum Jong Indonesia" dan usaha-usaha lainnya. Penggalangan dana tersebut nantinya akan digunakan untuk Persiapan Kongres Pemuda III yang digelar pada 26-28 Oktober 2016.

Rachel menambahkan, rangkaian kegiatan lainnya berupa Road Show seperti Promosi di Car Free day, promosi di media sosial, donor darah, diskusi, dan lain sebagainya.

JAKARTA – Sejumlah aktivis mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Forum Jong Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Pra Kongres Pemuda III

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News