Selamat Jalan Bang Mangara Siahaan....

Selamat Jalan Bang Mangara Siahaan....
Mangara Siahaan. Foto: dokumen JPNN tahun 2008

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan kehilangan salah satu kader terbaiknya. Adalah Mangara Siahaan, mantan anggota DPR asal PDIP yang meninggal dunia Jumat (3/6) menjelang subuh.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, seniornya di partai itu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Siloam Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. “Beliau dirawat beberapa hari ini dan masuk ICU (intensive care unit) dini hari tadi,” tutur Hasto.

Mangara dilahirkan pada 19 April 1947 di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Ia terlahir dengan nama Mangara Monang Siahaan.

Kiprahnya di politik dikenal sebagai salah satu loyalis Megawati Soekarnoputri. Mangara yang sebelumnya dikenal sebagai aktor terjung ke politik saat PDIP masih bernama PDI di era Orde Baru.

Loyalitas Mangara kepada Megawati terus berlanjut. Persahabatannya dengan suami Megawati, Taufik Kiemas juga mengantar Siantar Man itu sebagai orang yang ikut menyiapkan berdirinya PDI Perjuangan.

Karenanya, Mangara pun pernah menjadi wakil sekretaris jenderal PDIP. Ia juga pernah berkiprah sebagai anggota DPR asal PDIP.

“Bang Mangara adalah contoh pejuang politik yang konsisten dan tak larut dalam arus kepentingan. Semoga beliau tenang dan  meninggalkan idealisme berpartai sebagai cermin generasi muda," ujar Hasto.

Rencananya, jenazah almarhum Mangara akan disemayamkan terlebih dulu di kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan memberikan penghormatan terakhir untuk Mangara. (ara/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News