Bule Cantik Ternyata Lebih Suka Martabak Lho...

Bule Cantik Ternyata Lebih Suka Martabak Lho...
Yulia Gusiva, mahasiswi asal Rusia sedang belajar budaya Indonesia di Universitas Nasional Jakarta (UNJ). FOTO: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com - Melihat perempuan lenggang lenggok membawakan tari-tarian daerah itu  hal biasa. Tapi menjadi istimewa bila yang menarikan tarian daerah seperti Kicir-kicir, Jaipong, Pendet adalah perempuan bule. Tambah istimewa lagi karena perempuan bule piawai juga menabuh gamelan dan memainkan wayang kulit.

MESYA MOHAMAD/JPNN.com

WAJAHNNYA cantik rupawan. Kulitnya putih kemerahan. Bla matanya biru. Hidungnya menjulang tinggi. Tubuh langsing dan tinggi semampai menambah kesempurnaannya sebagai seorang perempuan.

Yulia, demikian sapaan akrab mahasiswi cantik asal Rusia. Dia hampir setahun berada di Indonesia bersama ratusan rekannya dari 81 negara. Mereka tersebar di hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Gadis berusia 26 tahun ini belajar tentang budaya Indonesia di Universitas Nasional Jakarta (UNJ). Sejak lama perempuan bernama lengkap Yulia Gusiva ini tertarik dengan budaya Indonesia.

Itu pulalah yang membuat mahasiswi Rudn Moskow ini getol mempelajari bahasa Indonesia, jauh sebelum dia ke Indonesia. Rudn Universitas adalah perguruan tinggi yang mahasiswanya berasal dari negara-negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa.

Tiga tahun lamanya, Yulia belajar bahasa Indonesia di Kedubes RI di Rusia. Bagi Yulia, bahasa Indonesia sangat unik meski susah dipelajari.

“Saya tertarik dengan political language, bahasa persatuan Indonesia. Meski di Indonesia ada 700 bahasa daerah, namun bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu bangsa,” ujar Yulia yang lancar berbahasa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News