Miris... 73 Persen APBD Karanganyar Habis untuk Belanja Pegawai

Miris... 73 Persen APBD Karanganyar Habis untuk Belanja Pegawai
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah adalah daerah pengguna tertinggi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk belanja pegawai. Sementara daerah yang pendapatan asli daerah (PAD)-nya tertinggi masing-masing Badung (Bali), Rokan Hulu (Riau) dan Kutai Kertanegara (Kalimantan Timur).

"Yang terbesar itu Karanganyar, hingga 73 persen. Tapi kalau PAD yang paling besar itu Badung, Rokan Hulu dan Kukar. Ketiga daerah ini yang terbesar sehingga anggaran pembangunannya bisa di atas 70 persen," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, Jumat (3/6).

Selain Karanganyar, Tjahjo mengungkapkan masih ada 293 kabupaten/kota lain yang 50-73 persen APBD-nya habis untuk belanja pegawai. Karena itu Kemendagri akan terus memacu daerah-daerah itu, sehingga nantinya belanja pegawai tidak lebih besar dari alokasi belanja bagi pembangunan.

"Kalau sekarang sebenarnya sudah lebih baik, yang kemarin waktu 2014-2015 itu ada yang sampai 83 persen APBD-nya untuk belanja pegawai," ujarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News