Kemendikbud Resmi Serahkan Hasil UN SMP/Sederajat kepada Pemda

Kemendikbud Resmi Serahkan Hasil UN SMP/Sederajat kepada Pemda
ILUSTRASI. FOTO: DOK.Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno menyerahkan hasil Ujian Nasional (UN) SMP sederajat kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Sabtu (4/6).

Penyerahan hasil UN SMP sederajat secara simbolik diserahkan Kepala Balitbang kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Sedangkan untuk 32 provinsi lainnya diserahkan tim dari Sekretariat UN.‎

Turut hadir dalam acara penyerahan ini adalah Irjen Kemdikbud Daryanto, Direktur Pembinaan SMP , Supriyono, Kepala Puspendik, Nizam; Sekretaris Balitbang, Dadang Sudiyarto; Kepala BKLM Asianto, Sekretaris BSNP Bambang Suryadi dan para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

Jadwal penyerahan hasil UN SMP sederajat  dimajukan dari 6 Juni  menjadi 4 Juni karena tanggal 6 merupakan hari pertama puasa Ramadan.

Kepala Balitbang mengatakan pelaksanaan UN SMP sederajat tahun 2016 sukses dan lebih baik dari pelaksanaan UN 2015. 

“Indikator kesuksesan tersebut adalah adanya apresiasi terhadap pelaksanaan UN dari berbagai pihak, termasuk Komisi X DPR-RI, " ucap Totok, panggilan akrabnya, seraya menyampaikan apresiasi kepada Panitia UN Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan UN.

Anggota Komisi X DPR-RI, tambah Totok, dalam dua kali Rapat Dengar Pendapat, tanggal 25 Mei dan 2 Juni 2016, memberikan apresiasi luar biasa terhadap pelaksanaan UN tahun ini. Pelaksanaan UN Berbasis Komputer merupakan model UN yang ideal.

UN SMP Sederajat dilaksanakan pada 9 sampai 12 Mei 2016, diikuti 4.207.331 siswa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 155.011 siswa adalah peserta UNBK yang dilaksanakan di 1.005 sekolah/madrasah di seluruh Indonesia.

JAKARTA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno menyerahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News