Byurrr...Sambut Ramadan, Ramai-ramai Nyemplung Kali Berlumpur

Byurrr...Sambut Ramadan, Ramai-ramai Nyemplung Kali Berlumpur
Warga Desa Wanaherang, Bogor, mandi di kali berlumpur sambil mencari ikan dalam rangka menyambut Ramadan. Foto: Radar Bogor

jpnn.com - BOGOR – Setiap daerah memiliki ritual menyambut masing-masing untuk menyambut Ramadan. Mulai dari ziarah kubur, cucurak hingga sungkem kepada orang tua.

Namun ada tradisi unik di Desa Wanaherang, Kecamatan Gunungputri, Bogor, Jawa Barat. Kemarin, Minggu (5/6), sekitar 400 warga desa tersebut menceburkan diri ke sungai dan bermandi lumpur sembari menyari ikan. 

Tua, muda, pria dan dewasa tumplek ke dalam aliran sungai yang dibendung sementara oleh warga. “Kami mandi lumpur bersama sambil mencari ikan yang sengaja dibeli dan dilepaskan di sungai yang di bendung sementara. Nanti ikannya dimasak untuk santap sahur,” ujar Ujang, warga desa Wanaherang saat ditemui Radar Bogor, Minggu (5/6).

Menurutnya ini hanya sebuah kegembiraan menyambut datangnya bulan suci ramadan. “Ini rasa syukur kami warga desa Wanaherang dalam menyambut bulan suci ramadhan,”tukasnya. (all/dil/jpnn)

BOGOR – Setiap daerah memiliki ritual menyambut masing-masing untuk menyambut Ramadan. Mulai dari ziarah kubur, cucurak hingga sungkem kepada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News