Indonesia-Iran Berpeluang Kerja Sama Bidang Energi Desa

Indonesia-Iran Berpeluang Kerja Sama Bidang Energi Desa
Marwan Jafar. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar berharap, kerja sama Indonesia-Iran yang selama ini didominasi bidang energi, serta pemanfaatan dan pengembangan sumber-sumber energi alternatif, dapat berjalan lebih baik ke depan.

“Kami mengikuti geopolitik di Timur Tengah dan kami berharap hubungan Indonesia dengan Iran, terutama pada pembangunan makro dan mikro, serta bio energi dapat berjalan dengan baik,” ujar Marwan, saat menerima kunjungan Duta Besar Iran Valioallah Muhammadi Senin (6/6).

Menurut Marwan, Indonesia saat ini sedang mengembangkan energi alternatif melalui pemanfaatan microhydro, wind power, geothermal dan bio energi. Selain itu, juga memiliki program desa energi, yang bertujuan memberikan pelayanan akses listrik terhadap masyarakat pedesaan di Indonesia secara menyeluruh.

“Untuk memenuhi infrastruktur di pedesaan, kami (Kementerian DPDTT) juga memiliki program dana desa, yang digunakan untuk membangun infrastruktur dasar di desa seperti jalan, talud, irigasi dan sebagainya,” ujar Marwan.

Sementara itu, Duta Besar Iran Valioallah Muhammadi mengatakan, Indonesia dan Iran memiliki peluang besar bekerja sama di bidang energi desa. Apalagi Iran selama ini juga telah menerapkan energi geomethal (panas bumi) untuk memenuhi kebutuhan listrik hingga 25 megawatt.

“Energi geomethal ini sangat cocok jika diterapkan di pedesaan. Sesungguhnya ada banyak peluang kita (Indonesia dan Iran) untuk bekerja sama,” ujarnya. (gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar berharap, kerja sama Indonesia-Iran yang selama ini didominasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News