Luar Biasa! Pesawat Ini Diproduksi Menggunakan Printer

Luar Biasa! Pesawat Ini Diproduksi Menggunakan Printer
Thor. Foto: phys.org

jpnn.com - BERLIN – Thor menjadi pusat perhatian dalam International Aerospace Exhibition and Air Show yang berlangsung di Berlin, Jerman, 1–4 Juni lalu. Thor bukanlah model cantik yang mempresentasikan salah satu produk dari produsen pesawat. 

Thor adalah pesawat buatan Airbus yang dibuat dengan mesin printer 3D. Sama seperti pesawat pada umumnya, Thor juga bisa terbang, namun tanpa awak. Ini merupakan pesawat pertama yang dibuat dari mesin printer 3D.

’’Ini adalah tes atas kemungkinan hal-hal yang bisa dibuat dengan teknologi printer 3D,’’ ujar pengembang Thor, Detlev Konigorski.

Pesawat tersebut tidak memiliki jendela dan hanya berbobot 21 kilogram dengan panjang kurang dari 4 meter. Kecuali bagian listrik di dalamnya, seluruh perangkat di Thor terbuat dari poliamid yang dicetak dari printer 3D. 

Thor bisa terbang dan sangat stabil. Bagi Airbus, pesawat jenis propeler itu adalah pionir untuk masa depan dunia penerbangan. Sebab, jika bisa digunakan dalam skala besar, teknologi printer 3D tersebut menjanjikan penghematan waktu, bahan bakar, dan uang jika dibandingkan dengan pembuatan pesawat secara konvensional.

Sebab, pesawat jet yang lebih ringan jelas membutuhkan bahan bakar yang lebih sedikit. ’’Kami ingin melihat apakah kami bisa mempercepat pembuatan pesawat dengan menggunakan printer 3D untuk seluruh sistem,’’ terang Konigorski. 

Selama ini, teknologi printer 3D sudah digunakan dalam dunia penerbangan. Airbus dan Boeing menggunakannya untuk membuat beberapa bagian dalam pesawat jet komersial mereka yang berukuran paling besar. Yaitu, Airbus A350 dan B787 Dreamliner milik Boeing. 

Direktur Hofmann Innovation Group Jens Henzler mengungkapkan, mencetak bagian-bagian pesawat dengan printer 3D memang memiliki banyak keuntungan.

BERLIN – Thor menjadi pusat perhatian dalam International Aerospace Exhibition and Air Show yang berlangsung di Berlin, Jerman, 1–4 Juni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News