Telkom Bantu PT Garam Tingkatkan Produktivitas

Telkom Bantu PT Garam Tingkatkan Produktivitas
Telkom. Foto: Jawa Pos.Com

jpnn.com - SURABAYA – PT Telkom semakin agresif bekerja sama dengan perusahaan BUMN lain. Terbaru, Telkom bersinergi dengan PT Garam. Sebelumnya, Telkom sudah menjalin kerja sama dengan PT KAI.

Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana menyatakan, kerja sama tersebut dapat membantu PT Garam mengurangi proses administrasi, mendukung cost reduction, serta peningkatan produktivitas.

’’Telkom dan PT Garam telah menandatangani kontrak penyediaan enterprise resources planning (ERP) dan information and communications technology (ICT) solution,’’ katanya.

Layanan ERP merupakan IT tools serta manajemen untuk membantu perusahaan dalam berencana dan beraktivitas. Sistem ERP mampu membuat industri berjalan optimal sehingga biaya operasional yang tidak efisien berkurang. Yakni, biaya inventory serta biaya kerugian karena machine fault.

ERP juga mendukung penerapan konsep JIT (just in time). Karena itu, produksi hanya berjalan pada saat diperlukan. Modul di dalam ERP sudah mencakup modul keuangan, produksi, HR, penjualan dan pemasaran, serta dashboard & reporting.

’’Tantangan yang mungkin dihadapi adalah perubahan proses kerja sesuai sistem ERP,’’ ungkapnya.

Jadi, diperlukan kerja sama serta fase blueprint dari PT Garam dan Telkom untuk menyepakati business process yang akan diimplementasikan. Telkom pun berkomitmen mengawal sisi layanan delivery sehingga proyek itu dapat berjalan sesuai dengan time plan. (vir/jos/jpnn)


SURABAYA – PT Telkom semakin agresif bekerja sama dengan perusahaan BUMN lain. Terbaru, Telkom bersinergi dengan PT Garam. Sebelumnya, Telkom


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News