Supaya Harga Ikan Tidak Dipermainkan, Menteri Susi Sarankan ini Pada Nelayan

Supaya Harga Ikan Tidak Dipermainkan, Menteri Susi Sarankan ini Pada Nelayan
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto Yessy Artada/jpnn

jpnn.com - LABUAN BAJO - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti memberikan banyak wejangan selama berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Susi mengingatkan agar hasil tangkapan nelayan harus dijual dengan benar.

"Buat saja KUD, semua ikan yang ditangkap kemudian dilelang di situ. Supaya harganya tidak dimainkan tengkulak," ucap Susi, Senin (6/6).

Mengenai permasalahan modal membuat KUD, Susi meminta pemerintah daerah mengandeng perbankan, supaya bisa memberikan kredit kepada nelayan. Dengan cara itu, nelayan bisa terbantu.

"Nilai NPL (non performing loan) sudah jauh lebih turun, sehingga perbankan pasti mau meminjamkan. Jika ada pengusaha perikanan yang kesulitan membayar kredit tahun ini, maka bisa meminta penangguhan pembayaran paling tidak dua tahun," kata Susi.

Sementara terkait asuransi nelayan, Susi mengharapkan hasil dari koperasi juga bisa disetorkan. Sehingga jika terjadi kecelakaan atau musibah di laut akan ada santunan dari asuransi.

"KKP masih dalam tahap negosiasi dengan pihak asuransi agar santunan kepada nelayan yang meninggal itu bisa mencapai Rp 150 juta," harap Susi. (chi/jpnn)

 

LABUAN BAJO - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti memberikan banyak wejangan selama berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News