Gokil! 10 Bulan Penghuni Lapas Bertambah 20 Ribu

Gokil! 10 Bulan Penghuni Lapas Bertambah 20 Ribu
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Pemasyarakatan I Wayan Dusak mengungkapkan persoalan klasik yang selalu dihadapi lembaga pemasyarakatan sejak tahun 2000 selalu sama, yakni kelebihan kapasitas.

Bahkan, dalam 10 bulan terakhir ia menyebut angka penambahan yang luar biasa. "Kalau diukur 10 bulan terakhir bertambah 20.000 tahanan," kata Wayan, saat rapat kerja di Komisi III DPR, Selasa (7/6).

Persoalan ini masih disiasati Ditjen PAS dengan menempatkan para tahanan maupun narapidana ke lapas yang masih tergolong longgar. Sehingga, kondisinya tidak terlalu sesak.

"Rutan wanita kami belum punya. Yang ada lapas wanita. Kalau rutan wanita memang kami gabungkan ke rutan-rutan yang sudah ada. Ini menjadi perhatian semua bagaimana mengatasinya. Kami akan beri kajian teknis," jelasnya.

Dalam rapat tersebut, Wayan juga mengutarakan soal anggaran untuk operasional lapas. Apalagi saat bulan puasa ramadan terjadi penambahan biaya.

"Biaya makan dan mandi itu Rp 26.000 per hari. Untuk puasa ada tambahan extra puding. Setiap tahun bertambah terus sehingga jadi utang di tahun berikutnya," tambah Wayan.(fat/jpnn)


JAKARTA - Direktur Jenderal Pemasyarakatan I Wayan Dusak mengungkapkan persoalan klasik yang selalu dihadapi lembaga pemasyarakatan sejak tahun 2000


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News