Intip Kekuatan KRI Diponegoro yang Siap Tempur ke Hawaii

Intip Kekuatan KRI Diponegoro yang Siap Tempur ke Hawaii
Komandan KRI Diponegoro 365 Letkol Laut (P) Tunggul memberikan laporan kepada Danlantamal X Jayapura Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, di atas Diponegoro 365 yang bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Jayapura, Rabu (8/6). Foto: Libert/Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Kapal Republik Indonesia (KRI) Diponegoro-365 mendapat daulat menjalankan misi negara ke Hawaii, Amerika Serikat, 20 Juni hingga 5 Agustus nanti. Di sana, Diponegoro akan bertempur dengan 27 negara lainnya.

Tentu bukan pertempuran sesungguhnya. KRI Diponegoro ditugaskan mengikuti multilateral exercise The Rim of The Pacific (RIMPAC) 2016.

Nah, sebelum berlayar jauh ke negeri orang, Rabu (8/6) kemarin, KRI Diponegoro merapat di Pelabuhan Yos Sudarso, Jayapura, untuk mempersiapkan segala kebutuhan selama pelayaran ke Hawaii.

Diponegoro 365 mengawali pelayarannya dari Dermaga Ujung Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (3/6) lalu. Rencananya kapal ini akan berada di Kota Jayapura hingga Sabtu (11/6) sebelum melanjutkan pelayarannya ke Hawaii.

Keterlibatan TNI AL dalam RIMPAC ini bukan yang pertama kali. Sejak tahun 2008, TNI AL sudah terlibat dalam kegiatan latihan yang pertama kali digelar sejak tahun 1971 itu. Sementara buat KRI Diponegoro-365, misi mengikuti RIMPAC 2016 merupakan misi penting kedua setelah pada tahun 2009 kapal perang ini menjadi bagian dari Garuda XXVIII-A yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritim atau Maritime Task Force (MTF), untuk menjalani misi perdamaian PBB di Libanon dari bulan April hingga Oktober. 

Cenderawasih Pos yang mendapat undangan dari Lantamal X Jayapura berkesempatan melihat dari dekat kapal yang diproduksi di Belanda tahun 2005 dan memulai tugasnya pada tahun 2007. 

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol laut (P) Tunggul langsung mengajak ke anjungan kapal. Dalam perjalanan naik ke anjungan kapal, sejumlah awak kapal terlihat sibuk menjalankan aktivitasnya. Beberapa personel terlihat membersihkan bagian kapal dan ada juga yang mengisi air bersih serta aktivitas lainnya. 

Kondisi yang sama juga terlihat di anjungan kapal. Personel TNI AL yang bertugas di anjungan ini terlihat sibuk menjalankan tugasnya masing-masing. Tunggul mengatakan, kapal yang dipimpinnya ini akan bergabung dengan armada angkatan laut dari 27 negara dalam RIMPAC 2016. 

JAYAPURA - Kapal Republik Indonesia (KRI) Diponegoro-365 mendapat daulat menjalankan misi negara ke Hawaii, Amerika Serikat, 20 Juni hingga 5 Agustus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News