Singgah ke NTT, Menteri Susi Fokus Pada Daerah Larantuka

Singgah ke NTT, Menteri Susi Fokus Pada Daerah Larantuka
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto dok JPNN

jpnn.com - NTT - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melakukan safari bahari ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan berlayar mengunakan KRI Untung Suropati 372 milik TNI AL.

Selama empat hari ke depan, Susi akan singgah di tiga wilayah NTT. Yakni Larantuka, Lembata dan berakhir di Kupang untuk meninjau situasi dan kondisi perairan laut Sawu, serta permasalahan masyarakat nelayan di ketiga wilayah yang disinggahi.

KRI Untung Suropati 372 bertolak dari Pelabuhan Labuan Bajo pada Kamis (9/6) sekira pukul 11.30 wita dan tiba di Larantuka pada Jumat (10/9) pagi.

Provinsi NTT menjadi perhatian KKP karena Indonesia bagian barat sudah dirasa aman dari pencurian ikan dan pengrusakan sumber daya laut. Susi mendengar bahwa pencurian ikan dari Papua dan Kepulauan Aru beralih ke bagian timur, termasuk ke wilayah perairan NTT yang berbatasan dengan Timor Leste.

"Saya juga melihat ada kecenderungan adanya pencurian ikan di sini, dan juga adanya penangkapan ikan yang mengarah pada kerusakan. Maka saya ingin lihat langsung dan akan saya identifikasi untuk menentukan langkah selanjutnya," kata Susi.

Dalam kunjungan sebelumnya, Susi menyesalkan banyaknya bantuan pemerintah yang tidak berjalan. Seperti, persoalan logistik mesin es, sulitnya transportasi dan persoalan izin.

"Itu bukan permasalahan yang mudah bagi daerah. Bahkan teknologi yang tinggi bisa menjadi masalah karena masyarakat masih belum melek teknologi. Jika kalau kami tidak terjun langsung, bagaimana bisa tahu. Meskipun sudah kami umumkan", ujar Susi. (chi/jpnn)

 


NTT - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melakukan safari bahari ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan berlayar mengunakan KRI Untung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News