Ketua PWNU DKI Bangkitkan Tradisi MKQ

Ketua PWNU DKI Bangkitkan Tradisi MKQ
Ketua PWNU DKI Saefullah. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Pengurus Wilayah Nadhatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta Saefullah ingin membangkitkan kembali Majelis Khatmil Quran (MKQ). Pria yang juga menjabat Sekda Pemprov DKI Jakarta itu menyatakan, MKQ merupakan salah satu wadah yang akan berfungsi sebagai benteng bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. 

"MKQ itu sangat penting sebagai pondasi bagi generasi muda kita. Oleh karenanya saya minta seluruh pengurus cabang, MPW, hingga ranting NU segera membentuk dan menghidupkan kembali tradisi Majlis Khatmil Quran di kampung-kampung," kata Ketua PWNU DKI Saefullah di Jakarta, Jumat (9/6).

Lebih jauh ia kisahkan, menjaga tradisi dengan menghidupkan kembali MKQ di kampung-kampung adalah salah satu amanat hasil Muktamar NU ke-33 di Jombang, Jawa Timur beberapa bulan lalu. Selain itu, lanjutnya, amanah itu juga telah dibawa ke Mukerwil PWNU DKI Jakarta di Hotel Cempaka, 6 April lalu. 

Ia menambahkan, kegiatan MKQ merupakan ruang untuk membangun silaturahmi antar sesama. Sehingga tak jarang budaya atau tradisi gotong royong di masyarakat kerap muncul dari kegiatan tersebut. 

"Saya merindukan suasana saat kecil dulu, di mana tiap kampung seusai magrib orang-orang ramai-ramai kumpul membawa Quran di musholla atau mesjid. Ini salah satu tradisi yang harus kita hidupkan serta kembangkan kembali di Jakarta," tegasnya.

Dalam rangka membangkitkan MKQ di seluruh wilayah Jakarta, Syaefullah melakukan kunjungan safari ke seluruh pengurus cabang NU yang berada di bawah naungannya. Safari Ramadan yang telah dimulai sejak beberapa waktu lalu itu sekalian dijadikan ajang konsolidasi internal pengurus NU DKI Jakarta. (dil/jpnn)


JAKARTA - Ketua Pengurus Wilayah Nadhatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta Saefullah ingin membangkitkan kembali Majelis Khatmil Quran (MKQ). Pria yang juga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News