5 Keinginan Muhammad Ali Saat Upacara Pemakamannya

5 Keinginan Muhammad Ali Saat Upacara Pemakamannya
Muhammad Ali. FOTO: AFP

jpnn.com - Muhammad Ali memang sudah lama merencanakan prosesi pemakamannya dengan begitu detail. Pengacara dan beberapa orang ter­dekatnya membantu. 

Begitu detailnya, sehingga saat dituliskan, rencana itu menjadi buku setebal 2 inci. Keluarga dan orang-orang terdekat Ali menyebut buku teresbut dengan The Book. 

 

1. Ingin berlangsung terbuka

Ali tidak ingin pemakamannya berlangsung tertutup dan dihadiri keluarganya saja. Dia ingin semua fans dan semua orang yang mencintainya berkesempatan untuk mengucapkan perpisahan yang terakhir. Sebab, Ali bukan hanya milik keluarganya, tapi juga milik dunia. 

"(Pemakaman, Red) ini adalah apa yang ingin saya lihat, ini adalah jenis acara yang ingin saya lihat, yaitu inklusif untuk semua orang. Di sini saya memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada orang-orang yang ingin memberikan penghormatan kepada saya," ujar Bob Gunnell, juru bicara keluarga Ali, menirukan ucapan almarhum sepuluh tahun lalu. 


2. Lokasi pemakaman

Awalnya, Ali ingin dimakamkan di Muhammad Ali Center di Louisville. Namun, istrinya, Lonnie, khawatir itu akan membuat Muhammad Ali Center tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. 

Muhammad Ali memang sudah lama merencanakan prosesi pemakamannya dengan begitu detail. Pengacara dan beberapa orang ter­dekatnya membantu. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News