Ahok: Kalau tak Ada yang Kosong, Kamu Lewat Mana?

Ahok: Kalau tak Ada yang Kosong, Kamu Lewat Mana?
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bakal melakukan sterilisasi terhadap jalur busway. Hal ini agar bus TransJakarta tidak ikut-ikutan terhadang kemacetan.

Selain itu, agar ruas jalan tersebut bisa difungsikan sebagai jalur evakuasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Jadi prinsipnya kami enggak bicara sterilisasi busway saja. Kami bicara Jakarta ini begitu macet, harus ada jalur evakuasi. Jalur itu yang mau kami, numpang di busway,” kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Jakarta, Sabtu (11/6).

Ahok menjelaskan, jalur evakuasi itu akan diperuntukkan bagi mobil pemadam kebakaran dan ambulan. Ia memberikan alasan mengapa mengutamakan dua kendaraan tersebut.

“Kalau ada satu mobil kepanasan, terus kebakar, bisa enggak kamu kirim heli turun? Enggak ada kabel-kabel kita di atas. Salah satu cara kirim pemadam kebakaran. Gimana mau nyampai ke tengah nyemprot? Satu-satunya cara ya (lewat jalur) busway,” ucap Ahok.

“Kalau ada orang serangan jantung atau yang mau melahirkan, kalau enggak ada satu jalur yang dikosongkan, steril, kamu mau lewat mana?” lanjut Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan, sterilisasi itu rencananya akan dilakukan pada Senin (13/6). Utamanya, pada koridor busway yang macetnya paling parah.

“Seperti koridor satu, yang paling parah. Tapi, nanti semua koridor kami akan lakukan seperti itu,” ungkap Ahok. (gil/jpnn)


JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bakal melakukan sterilisasi terhadap jalur busway. Hal ini agar bus TransJakarta tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News