Anak-Anak Itu Jalan Kaki 6 Km, Haus Langsung Minum Air Selang

Anak-Anak Itu Jalan Kaki 6 Km, Haus Langsung Minum Air Selang
BERJALAN KAKI DEMI ILMU: Demi menuntut ilmu para pelajar di Jorong Padanglaweh Nagari Pulasan, Kecamatan Tanjunggadang, murid SD ini harus menempuh perjalanan 6 kilometer dengan berjalan kaki. Foto: HENDRI/PADANG EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com - BOCAH-bocah SD di Jorong Padanglaweh Nagari Pulasan, Kecamatan Tanjunggadang, Sijunjung, Sumbar, harus menempuh perjalanan 6 kilometer dengan berjalan kaki menuju sekolah.  

Jorong yang memiliki 600 jiwa ini, belum memiliki sarana pendidikan. Jika ingin tetap melanjutkan pendidikan, para pelajar di daerah itu harus sekolah ke luar jorong.

Hendri-Sijunjung

Jorong Padanglaweh berjarak 20 kilometer dari jalan lintas Sumatera di Nagari Tanjunggadang. Untuk sampai ke daerah tersebut, harus melewati jalan berbatu dan berlumpur. Puluhan anak-anak berseragam sekolah berjalan beriringan. 

Tampaknya para pelajar tersebut baru pulang sekolah. Saat  melihat kendaraan, anak-anak tersebut berusaha untuk menghentikan kendaraan. Mereka berharap bisa menumpang kendaraan, agar tak jauh berjalan kaki. 

Di awal perjalanan, terlihat mereka asyik bercengkarama. Namun, semakin jauh berjalan, rasa penat dan bosan pun menghampiri para tunas bangsa tersebut. Ada di antara mereka yang menghentikan jalannya karena kelelahan. Ada juga pelajar yang berhenti di pinggir jalan  menunggu kendaraan yang lewat untuk dapat ditumpangi.

Dandi, salah seorang murid SDN 17 Pulasan menyebutkan, perjalanan pulang sekolah akan lebih melelahkan dibanding ketika pergi. Karena itu, dia dan teman-temannya akan memanfaatkan kesempatan untuk menumpang pada setiap kendaraan yang lewat. 

“Setiap ada kendaraan lewat searah, selalu kami lambaikan tangan agar mereka berhenti. Kami bisa menumpang. Sekalipun itu truk besar seperti colt diesel atau kendaraan lainnya, karena perjalanan pulang sekolah akan terasa jauh  apabila cuaca mulai panas dan perut yang kelaparan,” ucapnya.

BOCAH-bocah SD di Jorong Padanglaweh Nagari Pulasan, Kecamatan Tanjunggadang, Sijunjung, Sumbar, harus menempuh perjalanan 6 kilometer dengan berjalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News