9 Tarian Bali Masuk Daftar UNESCO

9 Tarian Bali Masuk Daftar UNESCO
Ilustrasi. Foto: Radar Bali

jpnn.com - DENPASAR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyerahkan sertifikat UNESCO Three Genres of Traditional Dance in Bali kepada Gubernur Bali I Made Mangku Pastika pada Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-38.

Tiga genre tari tradisional Bali yang terdiri dari sembilan tarian masuk dalam daftar UNESCO bidang Pelindungan Warisan Budaya Takbenda setelah melewati proses panjang.

Anies mengatakan, sertifikat yang diterima ini merupakan bukti autentik bahwa ada sembilan tari Bali yang masuk dalam warisan budaya tak benda dunia. Sertifikat itu bukan untuk pemerintah, tapi seluruh perjalanan budaya masyarakat Bali.

"Tak banyak tempat di dunia ini yang budayanya menghidupkan masyarakat. Bali adalah tempat itu," kata Anies, Minggu (12/6). Tiga genre tari dalam kebudayaan Bali tersebar di sembilan kabupaten/kota Provinsi Bali.

Yakni Kabupaten Karangasem, Klungkung, Bangli, Gianyar, Badung, Tabanan, Jembrana, Buleleng dan Kota Denpasar. Tiga genre tarian ini berlaku di semua wilayah Bali, dengan mengikuti prinsip-prinsip berdasarkan desa (tempat), Kala (waktu), dan patra (acara).  (esy/jpnn)


DENPASAR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyerahkan sertifikat UNESCO Three Genres of Traditional Dance in Bali kepada Gubernur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News