Penyebab Kekerasan Seksual pada Anak Versi DPD

Penyebab Kekerasan Seksual pada Anak Versi DPD
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA- Maraknya tindak kekerasan seksual terhadap anak-anak menurut sejumlah anggota DPD RI dipicu oleh kemiskinan. Di mana, pelaku kekerasan terbiasa melihat kejadian yang tidak layak dilihat karena tinggal dalam tempat sama.

"Bisa dibayangkan satu rumah kecil ditinggali ibu bapak dan anak-anak. Semua aktivitas terjadi dalam rumah itu dan tidak ada hijab (pemisah). Anak-anak yang terbiasa melihat hubungan suami istri akan terpengaruh pikirannya dan ingin mencoba di luar rumah," beber Ema Yohana, senator dari Sumatera Barat dalam raker Komisi III DPR RI dengan Mendikbud Anies Baswedan, Senin (13/6).

Ena Haryani, senator dari Bengkulu menambahkan, kasus kekerasan anak yang terjadi pada Yuyun beberapa waktu lalu merupakan bentuk persoalan yang multikompleks.

“Kami coba mendalami bahwa tindak kekerasan terjadi karena persoalan kemiskinan, orang tua yang harus bekerja jauh dari rumah dan kurang membimbing anak, infrastruktur jalan yang tidak ramah kepada anak sekolah,” jelasnya.

Dia menambahkan, kerja sama antarlintas kementerian pun harus dilakukan, wujudnya bisa mendekatkan sumber ekonomi sehingga orang tua bisa memberikan pendidikan kepada anak. ‎ (esy/jpnn)


JAKARTA- Maraknya tindak kekerasan seksual terhadap anak-anak menurut sejumlah anggota DPD RI dipicu oleh kemiskinan. Di mana, pelaku kekerasan terbiasa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News