Maksimalkan Detoksifikasi Selama Puasa dengan Yoga

Maksimalkan Detoksifikasi Selama Puasa dengan Yoga
Ilustrasi Yoga. FOTO : Dok Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Meski tidur bernilai ibadah saat puasa, tapi kalau dilakukan sepanjang hari, tidak enak dong. Nah, salah satu aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan saat puasa adalah yoga. Bahkan, dengan yoga, proses detoksifikasi menjadi maksimal.

Vonny Tenri Opu, salah seorang instruktur yoga, menyarankan agar menggunakan gerakan-gerakan dalam hatha yoga. Cabang yoga itu menitikberatkan pada penguasaan tubuh dan napas melalui penyeimbangan dua kutub energi pada manusia, yaitu yin dan yang.

”Gerakannya lebih simpel, tetapi tetap memberikan dampak besar ke tubuh,” ucap Vonny.

Vonny juga merekomendasikan tiga macam gerakan untuk membantu memaksimalkan proses detoksifikasi. Pertama, pemanasan dengan pernapasan sitali dan sitkari. Posisinya duduk bersila dan tersenyum dengan memperlihatkan gigi. Saat itu bernapas dilakukan melalui mulut dan rongga-rongga gigi.

”Latihan pernapasan ini dapat meredakan panas dalam dan mengobati masalah mulut yang kerap terjadi saat puasa,” jelasnya.

Kedua, gerakan twisting, yakni duduk dengan kaki kanan diluruskan dan kaki kiri ditekuk. Selanjutnya, badan dimiringkan ke kanan sambil posisi tangan lurus berpijak ke tanah dan pandangan ke samping.

Gerakan ketiga, yakni udiyana banda, juga berfokus pada gerakan perut. ”Dua gerakan itu akan membuat perut seakan diperas sehingga saat sudah longgar, peredaran darah maupun sistem pencernaan kembali lancar,” papar Vonny sambil mempraktikkan gerakan tersebut.

Mengenai waktu yang tepat untuk beryoga, Vonny menyarankan pagi, ketika matahari masih bersinar lembut, sehingga tubuh juga bisa menyerap provitamin D yang terkandung di dalamnya. Waktu berikutnya adalah sore. Ya, seperti kegiatan ngabuburit yang dia lakukan bersama komunitas Yoga Kece.

SURABAYA – Meski tidur bernilai ibadah saat puasa, tapi kalau dilakukan sepanjang hari, tidak enak dong. Nah, salah satu aktivitas bermanfaat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News