Sentra Pembibitan Sapi Semakin Mendesak

Sentra Pembibitan Sapi Semakin Mendesak
Sapi. Foto: JPNN

jpnn.com - SURABAYA –Ketua Bidang Usaha Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Timur Sulistyanto membeberkan pentingnya sentra breeding atau pembibitan sapi perah untuk menjaga kualitas.

Dia menyatakan, dulu program tersebut pernah ada, tetapi kemudian tidak berjalan. Padahal, kualitas sapi perah ditentukan sejak masa pembibitan

’’Ada instansi atau lembaga khusus yang melakukan pembibitan. Sapi-sapi di dalam sentra breeding itu harus diperhatikan betul, soal ketersediaan pakan dan lain-lain. Hingga akhirnya, sapi tersebut bunting dan siap dijual kepada peternak budi daya sapi perah dengan mekanisme kredit yang terjangkau,’’ jelasnya kemarin.

Keberadaan sentra pembibitan sapi perah sangat penting karena kualitas produksi susu juga ditentukan ketika sapi perah masih bakalan. Menurut dia, sapi perah bakalan membutuhkan biaya ekstra dalam pemeliharaannya.

Misalnya, kebutuhan susu sapi perah bakalan bisa mencapai lima liter per hari. Jika dikelola peternak, asupan susu yang dibutuhkan anakan sapi harus berebut dengan produksi susu untuk dijual.

Dampaknya, pertumbuhan anakan sapi tersebut tidak maksimal karena kekurangan asupan. Sentra-sentra itu diperlukan untuk menjaga stabilitas populasi sapi. Apalagi, sekarang permintaan susu tiap tahun tumbuh delapan persen, sedangkan produksi hanya 2–3 persen. (res/jos/jpnn)


SURABAYA –Ketua Bidang Usaha Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Timur Sulistyanto membeberkan pentingnya sentra breeding atau pembibitan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News