Menpar Reaktivasi Garuda Rute Singapura-Medan

Menpar Reaktivasi Garuda Rute Singapura-Medan
Ilustrasi. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - SINGAPURA – Satu demi satu, supporting BUMN untuk kompak membangun pariwisata semakin konkret. Hari ini, Selasa, (14/6), Menteri Pariwisata RI Arief Yahya melepas penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Changi Airport Singapura ke Bandara Kualanamu, Medan. 

Ini merupakan reaktivasi atau re-operation rute lama, yang pernah diterbangi national flag carrier ini di tahun 2002. 

“Setelah 14 tahun stop, kali ini Garuda kembali terbang dari Singapura-Medan PP, tujuh kali seminggu,” ungkap Menpar Arief Yahya di Changi Airport, Singapura.

Ini sejalan dengan status Danau Toba, Sumatera Utara, yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai satu dari 10 Bali Baru, atau destinasi prioritas di Indonesia. 

Sebelumnya, Garuda membuka jalur penerbangan Jakarta-Silangit, untuk mengakses Toba sekaligus menjaring wisnus yang saat ini load factornya sudah mencapai 70 persen. Kini giliran Singapore-Kualanamu, sebagai jembatan udara dari Hub Singapura menuju destinasi di Sumut itu.

“Singapura kami tempatkan sebagai hub transportasi internasional, sekaligus hub pariwisata bagi Indonesia. Singapura punya 1,5 juta ekspatriat, dan 15,5 juta wisatawan dari berbagai belahan dunia.

"Tahun 2015, wisman atau inbound terbesar ke Indonesia adalah Singapura, yakni 1,57 juta Singaporean Tourists. Itu naik 3,47 persen dibandingkan tahun sebelumnya, 2014. Yang masuk melalui Medan, baru 12.762 orang,” ungkap Arief Yahya, yang didampingi CEO PT Garuda Indonesia Arif Wibowo, Dubes RI untuk Singapura, I Gde Ngurah Swajaya dan Senior Advisor of Changi Airport Group, Woong Woon Liong.

Tahun 2016, kata Menpar Arief, mentargetkan naik 20 persen, dan hingga 2019 nanti dipatok angka proyeksi double, atau 100 persen dari capaian saat ini. 

SINGAPURA – Satu demi satu, supporting BUMN untuk kompak membangun pariwisata semakin konkret. Hari ini, Selasa, (14/6), Menteri Pariwisata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News