Jadi Pelatih Timnas Brasil, Ini Modal Tite

Jadi Pelatih Timnas Brasil, Ini Modal Tite
Tite meraih sejumlah gelar di level klub. FOTO: 101greatgoals.com

jpnn.com - BRASIL - Tite bukan sosok asing di persepakbolaan Brasil. Pelatih bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi tersebut memang latak menjadi arsitek timnas Brasil. Dia memiliki modal yang cukup di antaranya prestasi yang cukup mentereng. 

Sepanjang karier kepelatihannya, Tite berhasil memberikan sejumlah trofi di klub yang ditangani seperti Veranopolis, Caxias, Gremio, Internacional, hingga Corinthians. 

Sukses besarnya diraih bersama Corinthians. Selain mengantarkan klub tersebut menjuarai Campeonato Brasileiro Serie A (Liga Utama Brasil) 2011 dan 2015, Tite juga memberikan gelar Copa Libertadores 2012. 

Selain itu, Tite juga mengantarkan Corinthians menjuara FIFA Club WOrld Cup 2012 usai mengalahkan Chelsea di partai final. 

Tak hanya prestasi, Tite juga memiliki pengetahuan yang luas terkait sepak bola modern. Itu dipelajari selama dia melakoni sabbatical pada 2014. Tite fokus belajar meski mendapat tawaran melatih. 

Dia melihat langsung sejumlah pertandingan di Piala Dunia 2014, mengunjungi sejumlah klub Eropa seperti Arsenal dan Real Madrid, serta menganalisis video pertandingan sejumlah klub ternama dan timnas negara lain. 

Menjadi pelatih timnas Brasil adalah ambisinya sejak lama. Dulu dia berharap yang terpilih, tapi CBF justru menunjuk Dunga. Tapi, dia tetap menunggu sampai datang tawaran berikutnya. Sampai-sampai, hanya untuk bisa menjadi pelatih Selecao, Tite menolak bernegosiasi dengan Jepang menginginkannya sebagai pelatih. 

Saat muda, Tite belajar pendidikan fisik dan gurunya adalah Luiz Felipe Scolari, eks pelatih timnas Brasil. Dia kemudian menjadi sarjana pendidikan fisik usai lulus dari Pontifícia Universidade Católica de Campinas. (epr/JPNN)


BRASIL - Tite bukan sosok asing di persepakbolaan Brasil. Pelatih bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi tersebut memang latak menjadi arsitek timnas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News