Connected Car Jadi Tren Otomotif Masa Depan

Connected Car Jadi Tren Otomotif Masa Depan
Connected Car. Foto: Vox Populi

jpnn.com - LONDON - Connected car dikembangkan dan hadir untuk merevolusi pengalaman otomotif. Itu adalah sebuah hasil studi industri yang dilakukan perusahaan konsultan strategi bisnis global Ipsos Business Consulting.  

Connected car adalah sebuah istilah baru yang mengacu pada format mobil masa depan yang berkemampuan swakemudi dan terhubung dengan jaringan internet. Seperti yang diketahyui, memiliki mobil bisa berarti pengeluaran uang yang besar, tingkat stress tinggi dan waktu berkendara yang demikian panjang dan melelahkan.

Saat ini industri otomotif sedang berada di ambang transformasi radikal yang akan menghadirkan connected car sebagai sebuah perangkat komputasi tercanggih yang dapat dimiliki oleh setiap orang.

Country Head Ipsos Business Consulting Korea Per-Henrik Karlsson menyampaikan, Kemungkinan perluasan rekayasa bisnis yang dihadapi oleh para produsen otomotif harus benar-benar dianggap serius dan tidak dapat diremehkan sama sekali.

“Faktanya, perusahaan-perusahaan produsen otomotif adalah perusahaan industri berskala besar, namun untuk menyongsong revolusi masa depan ini mereka dituntut zaman untuk bertransformasi menjadi perusahaan-perusahaan analisis data,” kata Per-Henri, Kamis (16/6).

“Karena di masa depan yang tidak lama lagi, mobil berubah peran menjadi perangkat mobile, layaknya perangkat tablet atau smartphone yang sekarang dimiliki banyak orang. Tantangannya amat besar dan ada kemungkinan sejumlah perusahaan otomotif papan atas saat ini tergerus jadi kecil atau hilang sama sekali karena gagal bertransformasi,” imbuhnya.

Head Ipsos Business Consulting Eropa Lynn Morgan sependapat dengan Karlsson. Dia menambahkan, kehadiran Connected Car, Connected Healthcare (Layanan kesehatan berbasis internet) dan the Internet of Things (Barang-barang fisik yang memiliki kemampuan berbasis internet) menandai berakhirnya sejumlah teknologi dan temuan besar yang selama ini telah menjadi bagian kehidupan masyarakat sejak zaman Revolusi Industri.

“Kaum industriawan belum pernah mengalami perubahan tranformasional sebesar ini di masa lalu. Sekarang, dapat kita lihat para produsen besar tradisional membentuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan data, peritel dan pengembang aplikasi,” ujarnya.

LONDON - Connected car dikembangkan dan hadir untuk merevolusi pengalaman otomotif. Itu adalah sebuah hasil studi industri yang dilakukan perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News