Good News, Lion Air Diizinkan Terbang ke Eropa

Uni Eropa Juga Coret Citilink dan Batik Air dari Daftar Hitam

Good News, Lion Air Diizinkan Terbang ke Eropa
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - BRUSSELS - Ini kabar baik bagi dunia penerbangan Indonesia. Komisi Transportasi Uni Eropa telah mencabut larangan terbang terhadap Lion Air ke  Eropa.

Keputusan itu diumumkan di Brussels, Belgia, Kamis (16/6). Selain Lion Air, Komisi Transportasi Uni Eropa juga mencoret dua maskapai lain di Indonesia, yakni Batik Air dan Citilink dari daftar hitam.

Batik Air merupakan maskapai milik Lion Group. Menurut pengamat, hilangnya nama Lion Air dari daftar larangan terbang ke Eropa akan mendorong maskapai berlogo kepala singa itu membeli lebih banyak pesawat.

Saat ini, Lion Air tercatat sebagai maskapai yang menggunakan banyak pesawat buatan Boeing dan Airbus. Pada 2011, Lion Air terikat kontrak senilai USD 22,4 miliar dengan Boeing. Nilai kontrak yang sangat wah itu untuk pengadaan 230 unit pesawat jenis Boeing 737.

Sedangkan pada 2013, maskapai milik Rusdi Kirana itu terikat kontrak USD 23,8 miliar dengan Airbus untuk tercatat pembelian pesawat jenis A320 dan A321. Kontrak itu menempatkan Lion Air sebagai pembeli pesawat dengan nilai kontrak terbesar dalam sejarah Airbus.

Sebelumnya hanya ada empat maskapai Indonesia yang boleh terbang ke Eropa. Yakni Garuda, AirFast Indonesia, PrimeAir dan Indonesia AirAsia. Dengan kebijakan baru itu maka kini ada tujuh maskapai di Indonesia yang bisa terbang ke 28 negara anggota Uni Eropa. 

Namun, Komisi Uni Eropa tidak hanya mencabut Lion Air, Batik Air dan Citilink dari daftar larangan terbang ke Benua Biru itu. Sebab, kebijakan serupa juga diterapkan pada Iran Air dan seluruh maskapai di Zambia.

“Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami juga mengizinkan sebagian besar pesawat IranAir kembali ke langit Eropa,” kata Violeta Bulc dari Komisi Transportasi Uni Eropa.(reuters/ara/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News