Maaak! 29 Ikan Paus Masih Lemas di Pantai Probolinggo

Maaak! 29 Ikan Paus Masih Lemas di Pantai Probolinggo
Paus terdampar. Foto: pojokpitu

jpnn.com - PROBOLINGGO—Sekitar 29 ikan paus terdampar di Perairan Pantai Utara Kabupaten Probolinggo. Hingga Kamis, ikan-ikan itu masih menjadi tontonan warga. Ikan besar itu terdampar sejak Rabu lalu. Sebagian sudah berusaha dipindahkan warga ke laut.

Dinas Perikanan dan Kelautan setempat, langsung mengambil langkah meneliti penyebab paus sampai terdampar. Petugas sudah mengambil sampel air laut, guna mengetahui suhu air di sekitaran tepi pantai.

Rata-rata paus yang terdampar dalam kondisi lemas dan mengkhawatirkan. Apalagi, gelombang air laut sedang surut. Minimnya alat, ditambah beratnya paus yang mencapai sekitar 5 ton membuat warga kesulitan mengembalikan hewan mamalia ini ke tengah laut. 

Belum diketahui pasti kenapa paus-paus ini bisa terdampar di pantai utara desa pesisir, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

“Apakah faktor cuaca atau memang air laut dalam kondisi tercemar,” ujar Wahid Noor, Kepala Bidang Pengelolaan Kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Dia berjanji, akan terus memantau kondisi paus.Sambil menunggu tim ahli paus serta BKSDA Provinsi Jawa Timur, untuk mengambil langkah selanjutnya. (pul/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News