Hati-Hati Modus Baru, Bobol ATM dengan Tusuk Gigi

Hati-Hati Modus Baru, Bobol ATM dengan Tusuk Gigi
Pelaku pembobol ATM. Foto: pojokpitu

jpnn.com - SURABAYA-- Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil meringkus dua pelaku spesialis pembobol ATM yang beraksi di kota itu. Mereka adalah Andi Agus (41) dan Ahmad Hari (34)

Dalam aksinya, kedua pelaku ini menggunakan tusuk gigi yang diselipkan di card reader ATM. Aksi keduanya ini terbongkar setelah terekam kamera CCTV sebuah minimarket.

“Andi asal Batam, Ahmad dari Grobogan Jawa Tengah,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga.

Bermodalkan tusuk gigi, pelaku Andi mencoba menipu korban yang kesulitan memasukkan kartu ATM. Saat itu dia menghafal nomor pin ATM korban. Setelah mengetahui nomor pin ATM korban, kedua pelaku ini lalu menukarnya dengan ATM bekas.

“Selanjutnya, mereka menguras uang di ATM korban sebesar Rp 5 juta. Beruntung, aksi pelaku ini tak berlangsung lama,” imbuh Shinto.

Dia mengatakan, dua pelaku ini sudah beraksi di tiga ATM berbeda di Surabaya. Modusnya pun sama dengan menipu korban yang kesulitan memasukkan kartu ke mesin ATM. 

Atas terbongkarnya kasus ini, polisi mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya kepada orang asing bila kesulitan memasukkan kartu ATM atau saat kartu ATM tertelan mesin.(end/flo/jpnn) 

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News