Parah, Pedagang Takjil Gunakan Boraks

Parah, Pedagang Takjil Gunakan Boraks
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TANJUNG SELOR - Tim gabungan menemukan takjil yang terindikasi mengandung boraks saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Ramadan, Tanjung Selor kemarin.

Petugas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinkes Bulungan Dian mengatakan, sebanyak 20 sampel takjil yang telah diterima, ada beberapa yang menurutnya terindikasi mengandung boraks.

“Itu secara kasat mata. Kan ada kenyal-kenyal gitu. Tapi ini masih diduga,’’ terang Dian saat ditemui Radar Kaltara (JPNN Group), Kamis (16/6) kemarin.

Dia menambahkan, seperti pengalaman tahun sebelumnya, dari hasil yang sama ada beberapa pedagang yang memang menggunakan boraks agar makanan tidak cepat basi.

“Efeknya bila jangka pendek seperti penyakit ginjal bagi masyarakat yang mengonsumsi,’’ imbuhnya.

Kepala Bidang Perdagangan, Disperindagkop Bulungan Gerilyawansyah menjelaskan, tujuan sidak tersebut untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat terkait jajanan takjil.

“Iya ini memang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan pada saat puasa. Pemeriksaan setiap jajanan sangatlah perlu,’’ ungkapnya. (don/keg/jos/jpnn)


TANJUNG SELOR - Tim gabungan menemukan takjil yang terindikasi mengandung boraks saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Ramadan, Tanjung Selor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News