Pak Menteri, Kualitas Pendidikan di Indonesia Diprediksi Makin Buruk

Pak Menteri, Kualitas Pendidikan di Indonesia Diprediksi Makin Buruk
Kegiatan di sekolah. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Pemangkasan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebesar Rp 6,5 triliun tidak hanya menuai protes anggota Komisi X DPR RI.

Kalangan pakar pendidikan pun ikut menyorotinya. Pasalnya, dengan pemangkasan anggaran itu, akan banyak program pendidikan yang dikorbankan alias ditiadakan.

"Saya sedih melihat pengurangan anggaran pendidikan.‎ Pendidikan sangat penting, tapi anehnya Mendikbudnya malah santai saja dengan pemotongan anggaran ini," ujar Indra Charismiaji, pengamat dan praktisi pendidikan abad 21, di Jakarta, Minggu (19/6).

Dia ikut mengkritisi sikap Mendikbud yang dianggap tidak memiliki daya juang tinggi mempertahankan anggaran pendidikan. Bahkan ketika pemotongan anggaran Kemendikbud ditolak Komisi X DPR RI, Mendikbud tidak bergeming.

"Saya tidak tahu apa sebenarnya di balik sikap Mendikbud ini yang menerima saja anggarannya dipotong besar. Apakah, menterinya tidak mau repot mengelola dana pendidikan yang besar dan takut berimbas kepada minimnya penyerapan, atau ada hal lain," terangnya.

Dia memprediksikan, dengan pemangkasan anggaran ini akan berpengaruh besar kepada kualitas pendidikan di Indonesia.

"Prediksi saya kualitas pendidikan di Indonesia makin buruk. Tapi mudah-mudahan prediksi saya ini salah," tandasnya. (esy/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News