Banjir Kepung Jateng, 35 Orang Tewas, 25 Hilang

Banjir Kepung Jateng, 35 Orang Tewas, 25 Hilang
TERENDAM - Sebagian besar wilayah di Pantura Kendal di sekitar Kali Blorong, Kali Waridin dan Kali Kendal, terendam banjir. Banjir akibat meluapnya air di tiga Kali tersebut juga hujan deras yang turun secara merata di Kabupaten Kendal sejak Sabtu kemarin (18/6). Foto: MUHAMMAD ARIF PRAYOGA / RADAR PEKALONGAN/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Sebanyak 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah dilanda banjir dan longsor dalam waktu bersamaan. Akibatnya, 35 orang dilaporkan tewas, 25 orang dinyatakan hilang dan ratusan rumah rusak. BNPB himbau semua warga waspada.

Adapun, 16 Kabupaten/kota tersebutberada di Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo. 

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyampaikan, bencana hidrologi ini terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Jawa Tengah sepanjang Sabtu (18/6). Tak mampu menahan debit air, membuat sejumlah sungai meluap. 

Salah satunya, Sungai Bogowonto di Purworejo yang meluap hingga mengakibatkan banjir bandang. Air dilaporkan menggenangi puluhan rumah hingga ketinggian 1,5-2 meter. Luapan Sungai Bogowonto ini, di Kabupaten Purworejo juga menelan korban jiwa. 

Dua orang warga Desa Meranti, satu orang warga Desa Tangkisan, dan satu warga Desa Bagelen tewas dalam kejadian ini. Sementara, 2 hilang orang warga Desa Berjan dan Desa Bagelen hanyut oleh banjir.

Sutopo menuturkan, dampak banjir dan longsor dengan korban jiwa terbanyak terjadi di kabupaten ini. Hingga kemarin (19/6) malam, korban tewas tercatat sebanyak 19 orang. Sedangkan 25 orang masih dinyatakan hilang dan 11 lainnya luka-luka. 

”Banjir dan longsor terjadi di 30 desa 16 kecamatan. Seperti Desa Karangrejo (Kecamatan Loano), Desa Pacekelan (Kecamatan Purworejo), Desa Jelog (Kecamatan Kaligesing), Desa Sidomulyo dan Desa Donorati (Kecamatan Purworejo),” ujarnya kemarin. 

Salah satunya, lanjut dia, kejadian longsor di Desa Karangrejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Akibat longsor, 6 orang hilang dan 9 orang tewas. Enam orang korban hilang diketahui sebagai warga asli Karangrejo. sementara korban tewas masih dalam proses identifikasi. 

JAKARTA – Sebanyak 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah dilanda banjir dan longsor dalam waktu bersamaan. Akibatnya, 35 orang dilaporkan tewas,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News