Ahli Dermatologi Bukan Hanya untuk Kulit Lho…

Ahli Dermatologi Bukan Hanya untuk Kulit Lho…
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

Dokter dan ahli dermatologi bukan hanya untuk didatangi ketika Anda bermasalah dengan kulit. Dermatolog bukan hanya bisa menemukan kanker kulit dan keriput. Berikut adalah beberapa alasan Anda menemui dokter kulit/dermatologi:

1. Mata merah dan teriritasi

Anda mungkin memiliki  infeksi umum dari membran yang membentang dan menutup mata Anda.

" Apa pun yang melibatkan lendir pada membran mata jatuh adalah salah satu lingkup dari keahlian dokter kulit," kata profesor dermatologi di George Washington University School of Medicine, Dr. Adam Friedman, MD, seperti dilansir laman Prevention.

2. Rambut Anda tampak mengerikan

Entah itu penuh dengan ketombe atau rontok, dokter kulit bisa membantu. Dalam kasus ketombe, segala sesuatu dari jarang mencuci rambut hingga stres bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

Kebotakan sering bersifat genetik, tapi mengunjungi dokter kulit secara dini bisa mengurangi kemungkinan bahwa Anda akan kehilangan folikel rambut Anda selamanya.

3. Kuku Anda funky

Bersisik, berubah warna atau kuku rapuh bisa menandakan sejumlah masalah kesehatan yang berbeda, mulai dari psoriasis, kekurangan nutrisi dan gangguan tiroid

" Bahkan jika masalah kuku ini tidak benar-benar mengganggu Anda, mereka bisa merupakan tanda bahwa sesuatu bisa terjadi di sistem Anda yang bisa menyebabkan peradangan atau memengaruhi fungsi organ," kata Friedman.

4. Anda memiliki luka mulut

" Ada beberapa penyakit yang hanya hadir di mulut dan bisa diobati oleh dermatolog," kata Friedman. Dia mencatat bahwa salah satu jenis umum dari sakit mulut adalah sariawan.

5. Memiliki benjolan di bawah sana

Orang sering langsung menemui dokter kandungan atau urolog mereka untuk setiap masalah yang berkaitan dengan alat kelamin mereka. Tapi beberapa masalah yang muncul di bawah sana adalah jamur atau terkait dengan infeksi kulit dan sebagainya yang lebih baik dirawat oleh dermatolog.

" Ada satu syarat gatal disebut lichen sclerosis yang bisa berkembang menjadi kanker sel skuamosa jika tidak segera ditangani," kata Friedman.(fny/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News