Wow! Menteri Ini Koleksi Senjata

Wow! Menteri Ini Koleksi Senjata
Anies Baswedan

jpnn.com - SURAKARTA - Siapa sangka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kesengsem berat sama keris pusaka. Hal itu tampak ketika Anies mengunjungi Museum Radiopustoko‎, museum tertua di Indonesia. 

Beberapa saat, Anies sempat terkesima dengan keris-keris kuno peninggalan Kerajaan Surakarta. ‎Rupa-rupanya ayah empat anak ini punya koleksi keris segudang.

"Kenapa saya suka keris? Ya karena saya senang mengoleksi senjata, macam-macam ada keris, pedang, tombak, dan lain. Ada puluhan pokoknya," ujar Anies memamerkan senyum khasnya, Selasa (21/6).

Dia menyebutkan,‎ keris-keris kuno di Museum Radiopustoko punya nilai sejarahnya tinggi. Tak hanya keris, narasi kuno berusia 1721 terdokumentasi dan tersimpan rapi di museum kuno tersebut.

"Museum Radiopustoko adalah tempat yang unik. Dibandingkan tempat-tempat unik lainnya‎ banyak dokumentasi yang hilang karena peristiwa alam, berbeda dengan museum kuno di Surakarta ini," tandasnya. 

Dia menambahkan, sistem kearsipan di Surakarta bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Orang-orang Surakarta sudah mem‎ikirkan bagaimana memelihara museum dan yakin suatu saat akan dikunjungi orang. (esy/jpnn)


SURAKARTA - Siapa sangka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kesengsem berat sama keris pusaka. Hal itu tampak ketika Anies


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News