Depok Sudah Merdeka Sejak 3 Abad Lalu, Ini Kisahnya...

Depok Sudah Merdeka Sejak 3 Abad Lalu, Ini Kisahnya...
Dulu, Depok punya klub sepakbola yang kesohor. Beberapa pemainnya masuk timnas. Di foto ini pemain klub Torpedo, era 1960-an. Dari kiri ke kanan: Freddy Davis (captain/striker), Decky Soedira, Joetje Jonathans, Hubert Isakh, George Soedira, Eugene Jonathans (kiper), Berty Loen, Wenny Samuel, Adrian Soedira, Cecet Misseyer, Michael Leander, Yanes Samuel. Foto: Dok. Fredy Jonathans.

jpnn.com - ORANG Depok dimerdekakan pada 28 Juni 1714--lebih dari tiga abad yang lalu. Periode sejarah yang nyaris tak dianggap.  

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Sebagian orang boleh saja meyakini bahwa Depok, wilayah di Selatan Jakarta, akronim dari De Eerste Protestante Organisatie van Kristenen. Terjemahan bebasnya; jemaat Kristen yang pertama.

Tak salah! Hanya saja, "akronim itu baru muncul pada 1950-an," kata Yano Jonathans, keturunan Belanda Depok, dalam sebuah perbincangan dengan JPNN.com, tempo hari.  

Menurut penulis buku Depok Tempo Doeloe ini, Depok disingkat menjadi De Eerste Protestante Organisatie van Kristenen oleh orang Depok yang "terbuang" ke Belanda paska kemerdekaan Indonesia.

"Mereka ini merupakan orang-orang yang memilih kewarganegaraan Belanda setelah peristiwa pengakuan kedaulatan dan telah menyamakan diri sebagai warga Eropa, yang dikenal dengan sebutan gelijkgestelden," demikian tulis Yano dalam bukunya.

Belanda Depok

Istilah Belanda Depok mulanya merupakan ejekan orang kampung sekitar terhadap orang Depok. Ini membuat orang Depok tak nyaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News