34 Proyek Kelistrikan Mangkrak, Uang Triliunan Mubazir

34 Proyek Kelistrikan Mangkrak, Uang Triliunan Mubazir
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Sebanyak 30-34 proyek kelistrikan mangkrak selama bertahun-tahun. Tak heran, Presiden Joko Widodo menjadikan proyek itu sebagai prioritas. Sebelumnya, Jokowi memerintahkan percepatan pembangunan proyek pembangkitan listrik 35 ribu mw.

Jokowi menyoroti penggunaan uang negara yang sangat besar namun tidak memperoleh hasil karena proyeknya mangkrak. ’’Ini adalah uang yang sangat besar sekali, triliunan, ini agar segera diselesaikan,’’ katanya dalam rapat kabinet kemarin (22/6).

Jokowi mencontohkan proyek pembangkitan listrik PLTU 2 x 10 mw serta PLTU Parit Baru 2 x 50 mw di Ketapang, Kalimantan Barat. Proyek tersebut mangkrak selama 5–7 tahun meski telah menghabiskan uang negara Rp 1,5 triliun.

 Selain itu, ada proyek pembangkit listrik yang mangkrak di Gorontalo. Jokowi juga memerintahkan percepatan penyediaan listrik di kawasan terpencil dengan mobile power plant dan kapal.

Untuk daerah yang telah tercukupi kebutuhan listriknya, presiden meminta ada kalkulasi untuk melihat potensi kebutuhan ke depan. Jokowi meminta swasta lebih berperan dalam proyek pembangkitan 35 ribu mw.

Utamanya dalam proyek-proyek pembangkitan dengan energi baru dan terbarukan seperti panas bumi, tenaga air, hingga mikrohidro. ’’Sumber-sumber energi itu berpotensi menghasilkan kapasitas listrik yang besar,’’ katanya. (byu/jos/jpnn)

Pembangkit Mangkrak

1.       Berasal dari fast track program (FTP) 1 dan 2 yang didanai PLN

JAKARTA – Sebanyak 30-34 proyek kelistrikan mangkrak selama bertahun-tahun. Tak heran, Presiden Joko Widodo menjadikan proyek itu sebagai prioritas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News