1.109 Posko Mudik Dinkes Siap Melayani Anda

1.109 Posko Mudik Dinkes Siap Melayani Anda
Posko kesehatan mudik. Foto: dok RMOL

SURABAYA -- Dinas Kesehatan Pemprov Jatim menyiagakan 1.109 pos kesehatan untuk melayani para pemudik. Arus mudik diprediksi akan mulai berlangsung akhir Juni sampai awal Juli.

"Yang kami lakukan ini sesuai dengan Inpres No 3 Tahun 2004 yang salah satu tugas dinkes adalah meningkatkan pelayanan kesehatan," ujar Kadinkes Jatim dr Harsono.

Pelayanan kesehatan dilakukan di tempat-tempat umum yang dipadati pemudik. Selain itu, jalur mudik menjadi perhatian.

"Daerah yang rawan longsor atau banjir memiliki pos khusus. Kami sudah berkoordinasi dengan jajaran terkait," kata Harsono.

Daerah rawan kecelakaan juga menjadi prioritas. Menurut hasil pemetaan Dinkes Jatim, di Jawa Timur ada delapan kabupaten/kota yang rawan kecelakaan. Yakni, Lumajang, Madiun, Kota Malang, Kabupaten Malang, Nganjuk, Jombang, Ngawi, dan Tuban.

Sebanyak 1.109 pos kesehatan itu terdiri atas 760 puskesmas, 235 pos terpadu, dan 95 rumah sakit rujukan. Bahkan, 19 jembatan timbang juga digunakan sebagai rest area sekaligus pos kesehatan. Saat mudik, biasanya kasus gawat darurat seperti kecelakaan sering terjadi. Tentu dibutuhkan pertolongan cepat.

"Unit gawat darurat dan tim ambulans di puskesmas yang berada di jalur mudik disiagakan selama 24 jam," jelas mantan bupati Ngawi itu. Penyiagaan tersebut mulai efektif pada H-7 Lebaran dan berlanjut hingga arus balik.

Nah, jika kegawatdaruratan tidak bisa ditangani di tingkat puskesmas atau pos terpadu, dinas sudah menyiapkan 95 rumah sakit rujukan. Minimal di satu kabupaten/kota, ada satu rumah sakit rujukan yang menyiagakan tenaga medis.

Selain mempersiapkan fasilitas kesehatan, dinas kesehatan memeriksa sopir kendaraan umum. Pemeriksaan dilakukan tiga kali. Pertama, di PO bus pada pertengahan Juni lalu. Kedua, di terminal beberapa kabupaten/kota pada akhir Juni.

 "Terakhir di area keberangkatan mudik bareng di lapangan Makodam Brawijaya dan halaman dishub LLAJ provinsi. Dua agenda itu dilaksanakan pada 2-4 Juli," ungkap Harsono. (lyn/riq/ c7/ c5/oni/flo/jpnn)

 


SURABAYA -- Dinas Kesehatan Pemprov Jatim menyiagakan 1.109 pos kesehatan untuk melayani para pemudik. Arus mudik diprediksi akan mulai berlangsung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News