Untuk Semua Kepala Daerah, Ada Pesan dari Mendagri

Untuk Semua Kepala Daerah, Ada Pesan dari Mendagri
Tjahjo Kumolo. Foto; JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta seluruh daerah memperhatikan jadwal dan tahapan proses penyusunan, pembahasan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017.

 Permintaan dikemukakan seiring telah ditetapkannya Peraturan Mendagri Nomor 31/2016 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2017.

"Saya meminta agar secara substansial APBD tetap diorientasikan pada upaya pemenuhan kepentingan masyarakat yang bersifat inklusif. Secara khusus saya menitipkan kepada para Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi selaku Ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) provinsi, untuk mendorong kabupaten/kota mempercepat penetapan APBD dengan memperhatikan jadwal dan tahapan proses yang ada," ujar Tjahjo, Kamis (23/6).

Tjahjo meminta agar dalam proses penyusunan anggaran, daerah menghindari upaya kongkalikong. Ini agar benar-benar anggaran dapat dipergunakan sebesar-besarnya bagi pembangunan daerah.

"Pastikan anggaran yang telah didedikasikan untuk rakyat benar-benar berjalan secara efisien dan dijaga dengan penuh integritas sehingga berjalan efisien. Ubah mindset money follow function dan money follow organization menjadi money follow programme," ujarnya. (gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta seluruh daerah memperhatikan jadwal dan tahapan proses penyusunan, pembahasan dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News