Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Polres Banyumas

Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Polres Banyumas
Menteri Yuddy Apresiasi Inovasi Polres Banyumas

jpnn.com - PURWOKERTO - Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengapresiasi inovasi pelayanan publik Polres Banyumas. Ada tiga inovasi yang dilakukan Polres Banyumas, yakni SKCK online, aplikasi SIM online, serta e-complain. Tiga pelayanan itu menjadi unggulan Polres Banyumas, yang memiliki 1,9 penduduk di 27 kecamatan ini.

Hal itu terungkap dalam safari ramadan di Purwokerto, Rabu (22/6). "Banyak terobosan dan inovasi yang bagus di Polres Banyumas," ujar Yuddy.

Karena itu, Yuddy mendorong Kapolres Banyumas dan jajarannya untuk melaksanakan inovasi ini secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan demikian masyarakat akan semakin mencintai polisi.

Dengan inovasi itu, sejak awal tahun 2016 warga masyarakat Banyumas yang akan memperpanjang SIM tidak perlu antre, tetapi cukup dengan aplikasi android. Dari rumah,  warga sudah bisa mengajukan pernohonan perpanjangan SIM secara online. Demikian juga  dengan pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian  (SKCK) yang juga sudah online.

Menurut Kapolres Banyumas AKBP Gidion Arif Setiawan, petpanjangan SIM online itu dapat diakses melalui website polresbabyumad.jstengpolri.co.id pada aplukasi SIM On-Your Finger (SOF). 

"Kami juga sudah menetapkan standar waktu  penerbitan perpanjangan SIM A  dan  SIM C. yakni limabelas menit," ujarnya di Purwokerto, Kamis (23/06).

Ditambahkan,  dalam waktu sepuluh menit sejak berkas persyaratan diterima dan dibayarkan lengkap atau sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku, maka petugas loket registrasi perpanjangan SIM online dapat memproses perpanjangan SIM-nya. 

Selain tidak perlu antre, terobosan kreatif ini juga menghilangkan percaloan dalam proses pebgurusan SIM.

PURWOKERTO - Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengapresiasi inovasi pelayanan publik Polres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News